Sunday, June 7, 2015

MAKALAH PENGENALAN ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER OPERASI UNIT KENDALI




OPERASI UNIT KENDALI (CONTROL UNIT)

PENGERTIAN

Control Unit adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU. Output dari control unit ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.

Pada awal-awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai ad-hoc logic yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store). Beberapa word dari microprogram dipilih oleh microsequencer dan bit yang datang dari word-word tersebut akan secara langsung mengontrol bagian-bagian berbeda dari perangkat tersebut, termasuk di antaranya adalah register, ALU, register instruksi, bus dan peralatan input/output di luar chip. Pada komputer modern, setiap subsistem ini telah memiliki kontrolernya masing-masing, dengan CU sebagai pemantaunya (supervisor).

TUGAS CONTRL UNIT

Tugas dari CU adalah sebagai berikut:

1.         Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2.         Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
3.         Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses.
4.      Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja.
5.         Menyimpan hasil proses ke memori utama.

DUA TUGAS DASAR CONTROL UNIT

1.         Pengurutan: unit control menyebabkan prosesor menuju sejumlah operasi mikro dalam urutan yang benar, yang didasarkan pada program yang sedang dieksekusi.
2.         Eksekusi: unit control menyebabkan setiap operasi mikro dilakukan.

A.        OPERASI MIKRO

Fungsi dari sebuah komputer adalah unuk eksekusi program. Setiap siklus yang lebih kecil akan terdiri dari sejumlah langkah yang masing – masing langkah tersebut terdiri dari register – register CPU. Dapat disebut langkah – langkah tersebut sebagai operasi mikro. Operasi mikro adalah operasi fungsional atau atomik suatu CPU.

Organisasi bagian dalam dari sebuah komputer sangat ditentukan oleh kumpulan instruksi yang dapat dijalankannya. Sebuah instruksi adalah sebuah kaidah yang digunakan komputer untuk mendefinisikan operasi – operasi seperti add, store, load dan jump dan kumpulan dari semua instruksi disebut kumpulan instruksi, menacakup beragam operasi aritmatika dan logika, operasi perpindahan data, operasi maasukan / keluaran dan operasi pengendalian kombinasi dari operasi-operasi ini, dikelompokkan bersama-sama membentuk sebuah program mesin. Kata mikro mengacu pada fakta bahwa tiap langkah adalah sederhana dan akan menyelesaikan operasi terkecil. Unit kendali logika ( Control Logic Unit ) bertugas untuk mengatur seluruh aktifitas perangkat keras di dalam komputer.

CLU bertugas untuk :

1. Memfetch suatu instruksi dari memori
2. Memberi kode pada instruksi untuk menentukan operasi mana yang akan dilaksanakan
3. Menentukan sumber dan tujuan data di dalam perpindahan data
4. Mengeksekusi operasi yang dilakukan

         SIKLUS PENGAMBILAN

•           MAR : dihubungkan dengan alamat bus sistem. MAR menspesifikasikan alamat di dalam memori untuk operasi read dan write
•           MBR : dihubungkan dengan saluran data bus sistem. MBR berisi nilai yang akan disimpan di memori atau nilai terakhir yang dibaca dari memori
•           PC : menampung alamat instruksi berikutnya yang akan diambil
•           IR : menampung instruksi terakhir yang diambil

T1 : MAR (PC)
T2 : MBR Memori
PC (PC) + 1
T3 : IR (MBR)

         SIKLUS TAK LANGSUNG

T1 : MAR (IR(Alamat))
T2 : MBR Memori
T3 : IR (Alamat) (MBR(Alamat))

         SIKLUS INTERRUPT

T1 : MAR (PC)
T2 : MBR Alamat-simpan
PC Alamat-rutin
T3 : IR (MBR)

         SIKLUS EKSEKUSI

1.         Penambahan (ADD)
ADD R1,X=Menambahkan isi lokasi X ke register R1
T1 : MAR (IR(Alamat))
T2 : MBR Memori
T3 : IR (R1)+(MBR)
2.         ISZ = Isi lokasi X ditambahkan dengan 1. Apabila hasilnya sama dengan nol, maka instruksi berikutnya dilompati.
T1 : MAR (IR(Alamat))
T2 : MBR Memori
T3 : IR (MBR) + 1
T4 : Memori (MBR)
If (MBR=0) then (PC +)
3.         BSA X : ALamat instruksi yang berada setelah Instruksi BSA disimpan di lokasi X dan eksekusi dilanjutkan pada lokasi X+1. ALamat yang disimpan akan digunakan kemudian untuk kepeluan return.
T1 : MAR (IR(ALamat))
MBR (PC)
T2 : PC (IR(Alamat))
Memori (MBR)
T3 : PC (PC) + 1

         SIKLUS INTRUKSI

•           Setiap fase siklus instruksi dapat diuraikan manjadi operasi mikro elementer
•           Ada empat buah kode siklus instruksi (ICC)
•           ICC menandai status CPU dalam hal berbagai tempat siklus tersebut berada
4 Kode ICC :
         00 : fetch
         01 : Indirect
         10 : Execute
         11 : Interupt

         TIPE OPERASI MIKRO

•           Mendefinisikan elemen dasar prosesor
•           Mendiskripsikan operasi mikro yang harus dilakukan prosesor
•           Menentukan fungsi Control Unit yang harus dilakukan prosesor

         KELEMAHAN OPERASI MIKRO

•           Karena waktu akses memori kendali ROM menentukan kecepatan operasi CLU maka kendali microprgrammed mungkin menghasilkan CLU yang lebih lambat dibandingkan dengan kendali hard-wired.
•           Alasannya bahwa waktu yang diperlukan untuk menjalankan suatu instruksi mikro juga mencakup waktu akses ROM, Sedangkan, suatu keterlambatan dalam CLU hard-wired hanya mungkin disebabkan oleh keterlambatan waktu penyebaran melalui perangkat keras, yang relative sangat kecil. (hard-wired digunakan hanya jika system itu tidak terlalu kompleks dan hanya memerlukan beberapa operasi kendali).

         KEUNTUNGAN OPERASI MIKRO

•           Rancangan microprogrammed relative mudah diubah-ubah dan dibetulkan
•           Menyediakan kemampuan diagnostic yang lebih baik dan lebih dapat diandalkan daripada rancangan hard-wired
•           Utilisasi memori utama dalam computer microprogrammed biasanya lebih baik Karena perangkat lunak yang seharusnya menggunakan ruang memori utama justru ditempatkan pada memori kendali
•           Pengembangan ROM lebih lanjut(dalam kaitan dengan harga dan waktu akses) secara lebih jauh justru menguatkan posisi dominant pemrograman mikro, salah satunya dengan menyertakan unit memori ketiga disebut sebagai nano-memory (tambahan bagi memori utama dan memori kendali). Dalam mengerjakan hal ini, mungkin terjadi pertukaran (trade-off) yang menarik antara pemrograman mikro horisontal dan vertical.

B.        KENDALI PROSESOR

Saat data atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage), apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register).

    Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Accumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

C.        KENDALI MIKROPROGRAMED

     Kendali microprogrammed menawarkan suatu pendekatan yang lebih terstruktur untuk merancang unit kendali logika (CLU) dibandingkan dengan kendali hard-wired. Rancangan microprogrammed relatif mudah diubah-ubah dan dibetulkan,menawarkan kemampuan diagnostik yang lebih baik dan lebih dapat diandalkan daripada rancangan hard-wired.   Karena waktu akses memori kendali ROM menentukan kecepatan operasi CLU maka kendali microprogrammed mungkin menghasilkan CLU yang lebih lambat dibandingkan dengan kendali hard-wired.Alasannya adalah bahwa waktu yang diperlukan untuk menjalankan suatu instruksi-mikro juga harus mencakup waktu akses ROM. Sebaliknya, suatu keterlambatan dalam CLU hard-wired hanya mungkin disebabkan oleh keterlambatan waktu penyebaran melalui perangkat keras, yang relatif sangat kecil. Bagaimanapun juga, ilmu ekonomi kelihatannya lebih menyukai kendali hard-wired hanya jika sistem itu tidak terlalu kompleks dan hanya memerlukan beberapa operasi kendali.

   Komputer mikro (Inggris: microcomputer) adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau 16-bit (dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframe, minicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.
DAFTAR PUSTAKA

Url : http://lindra4ever.blogspot.com/2009/06/operasi-mikro.html
Url : http://harviana154.blogspot.com/2014/10/kendali-prosesor-dan-kendali.html
Url : http://rajarayu.blogspot.com/2012/11/operasi-unit-kendali-cu-control-unit.html
Url : http://idhoidhoy.blogspot.com/2012/11/kendali-prosesor.html


No comments:

Post a Comment